Thursday 6 October 2016

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Ekonomi

Kali ini saya akan memberikan contoh teks pidato, sebelum masuk lebih dalam lagi, saya akan memberikan pengertian pidato, pidato yaitu pengungkapan pikiran yang ada dalam diri kita, kedalam bentuk kata-kata di depan orang banyak. Nah dari sini kita akan tahu, kalau mau pidato harus matang dulu persiapanya, masalahnya ketika kita berpidato, akan ada banyak orang yang memperhatikan kita, nah ini contoh teks pidato yang bisa kalian gunakan.......


Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Yang terhormat Ibu Tanti selaku guru bahasa Indonesia,
Yang saya banggakan teman-teman semua.



Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua,
marilah kita panjatkan segala puji syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat-Nya kita masih dapat dipertemukan di ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa suatu kekurangan apapun.



Ibu Guru dan para teman sekalian, perkenankanlah saya berdiri disini untuk menyampaikan 
pidato tentang ekonomi Indonesia.



Ekonomi Indonesia, jika kita melihat lebih dalam lagi, pada dasarnya negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi ekonomi yang terbilang cukup tinggi. Bahkan dunia Internasional kelihatanyanya juga turut mengakui bahwa pada dasarnya negara kita ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam tingkat pertumbuhan ekonominya. Indonesia pun semakin menjadi salah satu negara yang patut untuk diperhitungkan dalam perekonomiannya di dunia Internasional. Sehingga hal tersebut nampaknya memang memberikan dampak yang cukup baik bagi keadaan ekonomi kita, khususnya semakin banyaknya investor asing yang mau berinvestasi di negara kita. 



Namun nampaknya keadaan tersebut, terlihat jauh dari gambaran keadaan ekonomi khususnya untuk tingkat ekonomi masyarakat kelas rendah. Karena memang setiap pertumbuhan dan perubahan ekonomi yang terjadi, akan menimbulkan dampak bagi masyarakat rendah. Nampaknya kesan baik yang dilihat oleh dunia internasional, seperti berbanding terbalik dengan kondisi ekonomi yang ada di negara kita. karena ternyata pada kenyataannya masyarakat kalangan menengah ke bawah malah merasakan keadaan ekonomi yang semakin terpuruk karena hanya dinilai membela kaum atas saja. bahkan banyak dirasakan kebijakan-kebijakan pemerintah yang digembor-gemborkan untuk kepentingan rakyat, nyatanya tetap saja tidak sepenuhnya membela kepentingan rakyat. Melihat kondisi ekonomi negara kita yang demikian ini, nampaknya kita memang harus bersabar namun tetap harus melakukan berbagai upaya supaya tidak tergerus dengan kekejaman kaum kapitalis. Terlebih dengan adanya arus globalisasi yang membuat tak adanya lagi batasan-batasan dalam melakukan kegiatan ekonomi, memang haru benar-benar kita manfaatkan dengan sebaik mungkin. Sehingga meskipun kita berada dalam kalangan menengah kebawah, namun kita masih tetap bisa menunjukkan eksistensi kita sebagai kaum mayoritas yang tak bisa dianggap sebelah mata.




Ibu Tanti, beserta para murid yang saya hormati dan saya banggakan, demikian pidato dari saya, jika ada salah dan kata kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf setulus tulusnya, cukup sekian dari saya wassalamu’alaikum Wr. Wb.



..................Oke terimakasih telah mengunjungi, sukses pidatonya
Share:

1 comment: