Sunday 9 October 2016

Riwayat singkat kehidupan nabi muhammad SAW.

Halo sobat islami, hahahaha. Senangnya jika sobat mau mengunjungi blog saya lagi, kali ini saya akan menjelaskan riwayat singkat kehidupan nabi muhammad sebelum sampai sesudah menikah.

Kisah ini berawal dari asalmula kelahiran Nabi kita, Nabi Muhammad saw. , perlu kita ketahui bahwa nabi muhammad adalah putra dari abdullah bin abdul mutalib.
Nabi Muhammad saw. Lahir di mekah pada hari senin menjelang subuh pada tanggal 12 rabiul awal tahun gajah, sekitar 20 April tahun 570 M atau 52 tahun sebelum hijrah. Pada saat nabi muhammad saw masih dalam kandungan ayah nabi muhammad sudah meninggal, nama "muhammad" sendiri adalah pemberian dari Abdul Mutalib, yang artinya seseorang yang selalu mendapat pujian. Pada saat bayi beliau diasuh dan disusukan kepada halimah sa'diyah di perkampungan bani sa'ad. Dan pada usia 6 tahun ibu nabi muhammad saw. yang bernama Aminah binti wahab mengajaknya ke yasrib untuk mengunjungi keluarganya serta berziarah kemakam ayahnya, namun dalam perjalanan pulang ibunya jatuh sakit. Setelah beberapa hari Aminah meninggal dunia di desa abwa. Kemudian nabi muhammad saw. pulang kerumah diantar oleh pembantu ibunya yaitu Ummu Aiman.

Pada saat nabi muhammad beranjak dewasa, atau lebih tepatnya pada usia remaja tatkala umur nabi muhammad saw. telah mencapai 18 tahun, beliau sering diajak dagang oleh pamanya ke kota kota tengga, seperti kota Syam, suriah, lebanon, dan palestina. Pada saat itulah nabi muhammad bertemu dengan pendeta bahira, pendeta inilah yang menemukan tanda tanda kenabian yang ada di dalam diri nabi muhammad saw.
Pada masa remaja ini ada beberapa peristiwa penting yang sudah pernah di lewati oleh nabi muhammad saw. antara lain...

1. Perang Fijar, yaitu peperangan yang terjad antara quraisy dan qais pada bulan-bulan haram. Rasulullah ikut dalam peperangan itu pada saat berumur 20 tahun.

2.Kesepakatan Al-Fudhul, yaitu kesepakatan yang dilakukan orang-orang quraisy untuk tidak melakukan kekerasan, berperang ataupun berbuat zalim terhada siapapun di mekah, kecuali mereka akan menolongnya.

Yang terakhir adalah peristiwa pernikahan nabi muhammad saw. dengan siti khadijah, pada saat usia nabi muhammad mencapai usia remaja dan berkembang menjadi dewasa, ia mulai mempelajari ilmu bela diri dan memanah, begitu pula ilmu yang menambahkan ketrampilanya dalam berdagang. Nah karena nabi muhammad sering menemani pamannya berdagang ke negri syam, nabi muhammad pun menjadi lebih terlatih dalam berdagang, nabi muhammad itu terkenal sebagai pedagang yang jujur, yang memaparkan apa adanya tanpa menyembunyikan kekurangan suatu dagangan nya, seiring dengan berjalanya waktu, khadijah yang seorang janda jaya serta memiliki status tinggi di lingkunganya merasa tertarik dengan muhammad karena muhammad bekerja di tempatnya dengan sangat baik, bagus, dan jujur. Oleh karena nabi muhammad dan siti khadijah sama-sama memiliki ketertarikan, dan yang namnya jodog juga nggak bakal kemana, nabi muhammad saw. dan siti khadijah pun memutuskan untuk menikah, beliau dikaruniani enam orang anak, dua laki-laki dan empat perempuan. Yaitu Qasim dan abdullah, dan empat perempuan yaitu, zainab, ruqayyah,ummu kultsum, dan fatimah.

Nah hanya segimi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.... terima kasih.....


Share:

0 comments:

Post a Comment