Wednesday 5 October 2016

Kenapa Kita Orang Indonesia Belajar Bahasa Indonesia

             Mungkin sebagian masyarakat Indonesia pernah mempertanyakan hal tersebut, sebenarnya apasih fungsi kita belajar bahasa Indonesia?, apa perlu?, bukanya kita setiap hari sudah menggunakan bahasa Indonesia tersebut(Padahal pake jawa ngoko), berarti kita sudah mahir menggunakan bahasa Indonesia?. Nah semua pertanyaan tersebut adalah zonk, kosong, karena pada hakikatnya kita masih perlu belajar Bahasa Indonesia, kita juga pasti memiliki beberapa alasan untuk belajar bahasa Indonesia.


            Pertama, kita ini belajar bahasa Indonesia bukan hanya untuk melatih cara mengucapkan atau membaca dalam bahasa Indonesia, dan juga kita belajar bahasa Indonesia juga bukan hanya karena akan ada ulangan harian,UTS, ataupun UAS. Kita belajar bahasa Indonesia karena banyak faktor, antara lain, karena bahasa Indonesia itu sendiri merupakan bahasa persatuan Indonesia, jadi kita sebagai warga negara republik Indonesia wajib mempelajarinya.


             Kedua, kita belajar bahasa Indonesia, otomatik kita juga belajar tentang bagaimana berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Nah kemampuan berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik itu, sangan bermanfaat untuk kita, terutama bagi kita yang ingin menjadi orang penting, nah itu kita harus bisa berbicara dengan baik, formal, dan sopan, untuk menunjukkan wibawa kita, karakter kita, serta kemampuan kita.

             Ketiga, kita juga akan diajari tentang bagaimana membuat surat surat resmi atau surat surat penting, nah kemampuan ini akan berguna bagi kita jika kita akan membuat acara atau event, tentu kita mengundang orang-orang penting tidak cukup dengan telfon atau sms saja, kita juga harus membuat undangan supaya orang penting tersebut mau datang, pastinya dia akan merasa lebih terhormat.
Intinya, kita belajar bahasa Indonesia ini bukan hanya karena kit sekolah, atau kita ada test, kita belajar bahasa Indonesia ini justru untuk bekal kehidupan kita besuk.
        

            Keempat, belajar bahasa Indonesia akan menjadi kewajiba kita, karena kita ini adalah masyarakat Indonesia, jadi kita ini wajib mempelajari dan mengembangkan budaya negara tercinta kita ini, kita juga wajib mempelajari tentang syair, puisi pantun, frasa, dan lain lain.


Maka dari itu, marilah kita sebagai masyarakat Indonesia yang baik, yang mau dan akan menjadi orang sukses, orang penting, kita wajib menjunjung tinggi budaya bangsa kita ini, kita juga harus bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan benar, menuliskanya dengan benar juga, semangat untuk meraih sukses......

Share:

0 comments:

Post a Comment