Monday 10 October 2016

Pengertian pancasila dan sejarahnya

Halo sobat blogger, sekarang saya akan membahas tentang pancasila, yang pertama saya akan menjelaskan pengertian pancasila, pengertian ini ada 3 yaitu


1.) Pengertian secara etimologis, jadi secara etimologis istilah "pancasila" berasal dari bahasa sanskerta dari india (bahasa kasta brahmana) . Menurut muhammad yamin, istilah pancasila  dalam bahasa sanskerta memiliki 2 makna leksikal yaitu ..."panca" artinya "lima" dan "syila" degan i pendek artinya batu, sendi, atau dasar....dan "syiila" dengan i panjang artinya "peraturan tingkah laku yang baik, baik yang penting atau senonoh"....kata tersebut kemudian dalam bahasa jawa diartikan menjadi "susila" dengan arti yang berbeda yaitu yang memiliki hubungan dengan moralitas.


2.) Pengertian secara historis, jadi dulu pada tanggal 1 juni 1945, pada saat sidang BPUPKI . Ir. soekarno berpidato secara lisan (tanpa teks) mengenai calon rumusan dasar negara Indonesia, kemudian memberi nama "pancasila" yang artinya "lima dasar", hal ini menurut bapak ir. soekarno diusulkan oleh temanya, sang ahli bahasa yan tidak disebutkan namanya.


3.)Pengertian pancasila secara terminologis, jadi dulu pada saat selesai proklamasi, lahirlah negara kesatuan republik indonesia, nah untuk melengkapi alat-alat, sebagaimana lazimnya negara-negara yang sudah merdeka, maka panitia PPKI menggelar sidang, dan dari sidang itu lahirnlah UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, yang terdiri atas pembukaan dan isi, nah pada bagian pembukaan itulah terdapat "pancasila", oleh karena itu rumusan pancasila yang ada dalam pembukaan UUD 1945 inilah yang sah secara konstisional, yang benar benar sah sebagai dasar negara NKRI.


 selanjutnya saya mau dan akan membahas tentang sejarah perumusan pancasila, jadi kata pancasila terdiri atas dua kata dari bahasa sanskerta yaitu palica yang artinya lima dan sila yang artinya asas atau prinsip. Dan kelima prinsip tersebut sampia sekarang sudah menjadi pedoman hidup bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam perjalanan sejarah, pancasila memiliki sejarah yang sangat panjang tentang rumusan prooses terbentuknya perumusan perumusan, pancasila dalam ketatanegaraan RI. Dan pada proses pembuatan dasar negara ada beberapa tokoh yang mengemukakan beberapa dasar negara yaitu

a)Muhammad Yamin, beliau berpidato pada tanggal 29 Mei 1945.
beliau merumuskan dasar negara sebagai berikut:

1.) Peri kebangsaan.
2.) Peri kemanusiaan.
3.) Peri ketuhanan.
4.) Peri kerakyatan
5.) Kesejahteraan rakyat.

Beliau menyatakan bahwa kelima sila tersebut dirumuskan berdasarkan sejarah, peradaban, agama, dan hidup ketatanegaraan yang telah lama berkembang di Indonesia. Mohamad hatta dalam memoaarnya meragukan pidato Yamin tersebut.
Pancasila oleh soekarno yang dikemukakan pada tanggal 1Juni 1945 Sukarno mengemukakan seperti ini :

1.) Kebangsaan
2.) Mufakat
3.) Dasar perwakilan dasar permusyawaratan
4.) Kesejahteraan
5.) Ketuhanan

Kata pancasila itu dikemukaka sendiri oleh Ir. Soekarno, dan katanya kata "pancasila" merupakan usul dari seorang temanya sang ahli bahasa.

demikian yang dapat saya sampaikan sobat, jika ada kekurangan silahkan komentar saja, nanti saya akan perbaiki atau tidak saya akan lengkapi dengan pos selanjutnya


Share:

0 comments:

Post a Comment