Friday 7 October 2016

Mengapa Kita Harus Menuntut Ilmu

Mungkin dari sebagian kita pernah bertanya-tanya mengapa kita harus menuntut ilmu? mengapa kita tidak langsung bekerja saja, ataupun langsung praktik di lapangan? hal ini pasti sudah umum terjadi, ada pertanyaan seperti itu pada para murid ataupun maha siswa. Ini karena mereka merasa sekolah ini kurang efektif atau bisa jadi mereka bosan dengan kegiatan di Sekolah.

Nah sekarang saya akan menjawab, bahwa logika para murid yang tidak setuju jika kita harus melewati pendidikan formal harusnya langsung bekerja adalah salah, karena kita ini di sekolah bukan hanya karena diajarkan materi, kita ini juga dididik, dibina, dan ditempa, supaya kita bisa menjadi seseorang yang sukses, yang berarti dan berguna untuk orang banyak, dan tidak hanya itu saja, ada beberapa alasan mengapa pendidikan akademik itu penting, antaralain.....

A.)  Melatih kemampuan akademis, dan mengembangkanya (supaya pintar)

Dengan melatih serta mengasah kemampuan menghafal, menganalisa, memecahkan masalah, logika, dan lain sebagainya maka diharapkan seseorang akan memiliki kemampuan akademis yang baik. Orang yang tidak sekolah biasanya tidak memiliki kemampuan akademis yang baik sehingga dapat dibedakan dengan orang yang bersekolah. Dan dalam menuju kesuksessan kita juga harus mempunyai nilai akademis yang cukup tinggi.

B.) Sebagai Identitas Diri

Lulus dari sebuah institusi pendidikan biasanya akan menerima suatu sertifikat atau ijazah khusus yang mengakui bahwa kita adalah orang yang terpelajar, memiliki kualitas yang baik, dapat diandalkan, dan sanggub menanggung tanggung jawab. Jika disandingkan dengan orang yang tidak berpendidikan dalam suatu lowongan pekerjaan kantor, maka rata-rata, orang yang terpelajarlah yang akan mendapatkan pekerjaan


C.) Sarana Mengembangkan Diri dan Berkreativitas
Sebenarnya, ini tidak hanya bisa dilakukan di sekolahan, namun bisa juga dilakukan di mana saja, dimanapun. Umumnya  seorang siswa akan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya. Semakin banyak memiliki keahlian dan daya kreativitas maka akan semakin baik pula kualitas seseorang. Sekolah dan kuliah hanyalah sebagai suatu mediator atau perangkat pengembangan diri. Yang mengubah diri seseorang adalah hanyalah orang itu sendiri.

D.) Membentuk karakter, memperkuat mental, dan kedisiplinan

Jadi, ketika kita disekolah kita tidak hanya duduk dan mendengarkan guru bicara, kita harus bisa menjadi murid yang aktif, yang rajin maju rajin bertanya, pasti guru itu akan memberi kita nilai plus, dan kita akan dicap sebagai orang rajin. Selain itu ketika disekolah kita juga harus mematuhi peraturan, dan kita juga jika diberi tugas, harus mengumpulkan tepat waktu, disinilah kita belajar disiplin, dan membuat kita berkarakter.

E.) Membangun Jiwa Sosial dan Jaringan Pertemanan

Sebenarnya hal ini juga bisa dilakukan di desa kita tempat kita tinggal, dan juga bisa kita lakukan dimana saja, tapi umumnya banyaknya teman yang bersekolah bersama akan memperluas hubungan sosial seorang siswa. Tidak menutup kemungkinan di masa depan akan membentuk jaringan bisnis dengan sesama teman di mana di antara sesamanya sudah saling kenal dan percaya. Dengan memiliki teman maka kebutuhan sosial yang merupakan kebutuhan dasar manusia dapat terpenuhi dengan baik.


Nah, diatas adalah alasan alasan mengapa kta harus masih tetap belajar, mengikuti pendidikan formal, yaitu sekolah, semoga bermanfaat terima kasih........

Share:

0 comments:

Post a Comment