Friday 7 October 2016

Penemu Atom

            Pemikiran tentang penmu atom telah ada pada saat ini, jadi orang orang terutama yang mengabdi pada mapel kimia, mereka itu pasti dulu awalnya juga kepo, siapa si penemu atom?
     
            Nah sekarang saya akan membahas tentang, siapa penemu atom itu, beserta perkembanganya yang terjadi disetiap penemuan atom terjadi

             Pertama, ada Joseph John Thomson, beliau adalah orang yang menemukan elektron, elektron itu sendiri adalah benda bermuatan negatif yang mengelilingi atom, jadi dulu ceritanya joseph john thomson melakukan percobaan dengan menggunakan tabung kaca yang bertekanan udara sangat rendah (hampir vakum). Pada kedua ujung tersebut dipasang logam yang berfungsi sebagai elektrode. Kedua elektrode itu disambungkan dengan sumber arus listrik bertegangan tinggi. Elektron yang dihubungkan dengan kutup positi disebut anode, sedangkan yang dihubungkan dengan kutup positid disebut katode, tabung seperti itu dinamakan sinar katode..
Dengan menggunakan pompa vakum, tekanan udara dapat diatur, jika tekanan udara cukup rendah maka gas dalam tabung akan berpijar dengan warna cahaya yang tergantung dengan jenis gas yang ada di dalam tabung. Selanjutnya tekanan gas dibuat sangat kecil, akibatnya tabung akan menjadi gelap. Akan tetapi bagian tabung di depan katode berpijar dengan warna hijau, per pijaran tersebut berasal dari radiasi katode menuju anode yang membentur gelas, sehingga gelas berpijar, nah cahaya tersebutlah yang disebut sebagai sinar katode, dan sinar katode ini merupaka radiasi partikel yang bermuatan negatif, partikel yang bermutan negatif, disebut elektron. 

Kedua Rutherford, beliau adalah orang yang menemukan inti atom, Rutherford melakukan penelitian dengan cara menembaki emas tipis, menggunakan sinar alfa. setelah Rutherford menembak plat emas tipis tadi, Rutherford memperkirakan bahwa sinar alfa melewati lempeng emas dan dipancarkan lurus. Namun ada hal yang membuat Rutherford terkejut, ternyata berkas sinar Alfa juga dipancarkan dimana-mana. Dan ternyata sinar alfa tersebut mengenai atom, dan jika terkena pusat bermuatan positif, akan dipantulkan hampir 360 derajat. Seperti gambar diatas.

Selanjutnya ada Goldstien, Dia adalah orang yang menemukan proton, menurut Goldstein jika ada  electron yang tersingkir saat diberi gas bertekanan rendah, maka harus ada partikel yang tertinggal. Nah partikel yang tertinggal itulah yang disebut Proton.

Neuron
Dari percobaan yang dilakukan oleh Rutherford, ternyata massa inti atom unsur lebih besar daripada masa proton dalam inti atom. Hal itu memberikan keyakinan kepada para ilmuan bahwa selain proton dalam inti atom harus ada partikel lain. Partikel ini tidak bermuatan, karena kita tahu bahwa menurut model atom Rutherford, inti atom bermuatan positif.

nah itu dia beberapa ilmuan yang berjasa tentang atom, sebenarnya masih banyak lagi, tapi bisa kita ulas lagi kapan-kapan....
Share:

0 comments:

Post a Comment