Saturday 8 October 2016

Hukum Dalam Islam Tentang Menuntut Ilmu

Halo sobat, terimakasih sudah mengunjungi blog saya ini lagi. Kali ini saya akan membahas tentang Islam, lebih tepatnya yaitu hukum menuntut ilmu dalam agama islam, Mengapa harus menuntut ilmu?. Disini maksud saya bukan untuk menggurui, akan tetapi kita saling memberi tahu dan saling belajar. Jika nanti di pos saya ini terdapat kesalahan, sobat bisa koment di bawah, dan memberi tahu bagaimana yang benar.

Sebenarnya, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah : 220 sudah dijelaskan, bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim.
Dan, aslinya manfaat kita para kaum muslimin menuntut ilmu tidak hanya di dunia saja, akan tetapi juga diakhirat, dengan syarat ilmu itu harus bermanfaat. Seperti yang dijelaskan dalam H.R Muslim : 3084 yang artinya "Diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: "Apabila manusia meninggal dunia terputuslah amalnya kecuali dari tiga hal, yaitu dari sedekah jariyah (yang mengalir), atau ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakan untuknya."

Hadis tersebut menjelaskan bahwa keutamaan menuntut ilmu itu bukan pinter, bukan ranking 1, dan bukan cerdas, akan tetapi dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa keutamaan menuntut ilmu itu sendiri adalah bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Pahala ilmu yang bermanfaat itu akan terus mengalir sampai akhir kiamat nanti, walaupun orang tersebut sudah meninggal akan tetapi pahala dari ilmu yang bermanfaat tersebut akan terus mengalir.

Adapun tanda dari ilmu yang bermanfaat yaitu:

A.) Ilmu yang bernmanfaat bagi diri sendiri, nah sobat, ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri itu adalah ilmu yang sudah atau sedang kita amalkan, kalaupun itu sudah pernah diamalkan ya harus diamalkan secara terus menerus. Misalnya, jika sobat tahu hukum islam menuntut ilmu itu wajib, sobat lantas terus menuntut ilmu dimanapun, pada siapapun, dan sobat juga mengajak atau mengingatkan teman sobat yang mungkin orangnya malas untuk belajar, bahkan untuk sekolah, nah itu ilmu sobat sudah bermanfaat bagi sobat sendiri, bahkan mungkin kepada teman sobat. Akan tetapi, jika sobat (MISALNYA) tahu tatacara shalat yang baik dan benar itu seperti apa, dan waktunya kapan saja, tetapi sobat tidak mengerjakan shalat, maka itulah ilmu yang tidak bermanfaat.

B.) Ilmu yang bermanfaat bagi orang lain, nah kalil ini yang dimaksud adalah ilmu yang sobat kuasai dan sobat mengajarkan ilmu tersebut kepada orang lain. Misalnya disekolah sobat terkenal dengan orang yang pintar Fisika, akan tetapi sobat tidak sombong dan sobat mau membagi ilmu yang dimiliki sobat, bahkan mengajarkanya kepada teman-teman sobat, itu tandanya sobat memiliki ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Dan pahala sobat akan mengalir terus menerus bahkan walaupun sobat sudah meninggal. Akan tetapi perlu diingat, jika sobat mengajarkan ilmu sesat, dan ilmu sesat itu digunakan oleh orang lain, bahkan sampai diajarkan ke orang lainnya, maka dosa sobat juga terus menerus mengalir.

Selain karena ilmu itu pahalanya tidak putus putus, kita wajib menuntut ilmu karena sesui dengan Q.S. at-taubah/9: 122 yang isinya adalah, janganlah menyurug semua orang untuk berperang, sisakan beberapa orang untuk menunut ilmu, supaya bisa  mengingatkan para pejuang perang tadi jika sudah kembali, dari surat tersebut ada beberapa isi kandunagn yang didapat yaitu :

A.) Penegasan tentang wajibnya menuntut ilmu, terutama ilmu agama
B.) Adanya kesamaan antara kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban bela tanah air
C.) Kedudukan seorang penuntut ilmu, mereka harus mengingatkan kepada orang yang tidak tahu atau tidak mengerti akan sesuatu
D.) Fungsi ilmu adalah untuk menjauhkan kita dari hal hal keji, ataupun dari hal hal kenistaan.

Nah setelah kita tahu hukum menuntut ilmu, dan mengapa kita harus menuntut ilmu. Kita juga harus tahu bagaimana adab dalam menuntut ilmu.
Nah, adab dalam menuntut ilmu akan saya jelaskan, anataralain:
1. Meluruskan Niat, seperti biasanya niat adalah hal utama, karena segala sesuatu apapun yang kita lalukan, itu harus dengan niat yang benar, yang lurus, yang baik. Karena setelah kita mengerjakan sesuatu tersebut, kita akan mendapat ganjaran sesuai dengan niat kita, jika kita berniat bagus maka hasilnya bagus, jika kita berniat jelek maka hasilnya jelek.
2.Hormat Santun Terhadap Guru, nah sobat menghormati guru itu penting, karena guru adalah orang yang telah memberikan banyak ilmu kepada kita, yang telah membuat kita menjadi sukses, dan terlebih pentingnya guru itu, beliau mengajar dengan ikhlas, dengan baik, dengan kemampuan terbaik yang dimilikinya, bayangkan sobat, kalian sudah menjelaskan sesuatu atau menceritakan sesuatu kepada teman kalian tetapi tidak ada yang menghormati sobat, bagaimana perasaan sobat? seperti berbicara sendiri? atau seperti ingin ngambil granat buat bunuh temen sobat? wkwkwk. Maka dari itulah mari kita hormati guru guru sobat.
3.Mengawali dan Mengahiri Belajar dengan Doa, hal ini sangatlah penting, karena ketika kita berdoa, itu artinya kita memohon kepada Allah SWT. maka dari itu kita harus memohon yang baik supaya ilmu yang kita pelajari bermanfaat.
4.Semangat dalam Belajar, bagaimana sobat? bayangkan sobat main bola tanpa semangat? mesti sobat bakal diganti dengan pemain yang lebih bersemangat. Karena permainan sobat pasti tidak memuaskan. Hal serupa juga akan terjadi jika sobat tidak semangat dalam belajar, sobat akan gagal, akan malas, dan guru akan memandang sobat sebagai murid yang kurang bagus.
5.Mengamalkan Ilmu yang Bermanfaat, nah seperti yang saya bahas diatas, bahwa ilmu yang bermanfaat ialah ilmu yang diamalkan dan diajarkan kepada orang lain, nah sobat pasti sudah tahu sendiri setelah membaca artikel saya diatas, bahwa ilmu yang bermanfaat memiliki pahala yang tak termuputus-putus, alangkah ruginya sobat jika tidak mengamalkanya. Ibarat sobat punya skill bola seperti ronaldo, akan tetapapi sobat nggak pernah mau main bola bareng, hasilnya nihil.

Nah demikian penjelasan tentang menuntut ilmu dari saya jika sobat mau tanya atau mau membenarkan silahkan dikolom komentar, terimakasih sudah berkunjung.........

nih bagi sobat yang masih kurang yakin buat masuk sekolah,Mengapa harus menuntut ilmu? hahahaha

Share:

0 comments:

Post a Comment