Sunday 9 October 2016

Meniti Hidup dengan Kemuliaan



Halo para sobat Islami, kalli ini saya akan mengulas tentang cara atau adap bersosialisasi atau berteman menurut islam. Jadi agama islam ini sudah memiliki tata cara atau aturan sendiri dalam adab berteman.

Sebenarnya aturan ini sudah ada di dalam al-Quran, tepatnya ada di dalam surat al-Hujurat ayat 12 yang menjelaskan bahwa kita diperintahkan untuk tidak menggunjing, karena menggujing itu dosa. Dan kita juga dilarang untuk berprasangka buruk kepada siapapun. maksudnya dari 2 kalimat di atas adalah sebegai berikut, secara umum, surat al-Hujurat ayat 12 ini mengajarkan cara berteman atau etika berteman supaya terjalinya hubungan yang harmonis, aman, tertib, dan damai.

Surat Al-Hujurat memiliki beberapa point penting, antara lain yaitu:


1.) Laragan berprasangka buruk, dalam menjaga hubungan pergaulan jika ada beberapa orang yang berprasangka buruk maka, hubungan pertemanan tersebut akan menjadi rusak. Bisa karena pertengkaran antara kedua kubu, dan bisa saja mereka langsung membenci seseorang tersebut (orang yang suudzon "berprasangka buruk" )

2.) Larangan mencari-cari kesalahan orang lain, nah dalam kehidupaan kalian jangan seperti juri, sukanya mencari-cari kesahalan hahaha. Nah maksud dari mencari-cari kesalahan orang lain ini adalah orang muslim jika pergi kemana-mana ia harus berprasangka baik kepada siapapun dimanapun, nah oleh karena itu orang muslim tidak suka mencari cari kesalahan orang lain.

3.) Larangan Menggunjing, maksud dari menggunjing ini adalah menggosipkan hal hal buruk tentang seseorang, padahal itupun belum tentu benar-benar terjadi. Dan jika hal buruk tentang seseorang itu benar benar terjadi, alangkah baiknya kita ini menutupi hal buruk itu, karena jika kita menutupi aib seseorang, kita bisa mendapat pahala, daripada kita menggunjing malah mendapat dosa.

4.) Penegasan Bahwa Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayanag, disurat Al-Hujurat ayat 12 sudah dijelaskan bahwa kita diperintah untuk berdakwah kepada allah karena allah maha penerima taubat, jadi sebelelum kita menemui ajal kita, alangkah baiknya kita bertaubat, meminta maaf kepada Allah SWT. atas dosa dosa yang pernah kita lakukan, allah menerima tauba kita jika kesalahan yang kita perbuat tidak diulangi lagi. Akan tetapi Allah akan menunda permohonan maaf kita jika, kesalahan yang kita perbuat adalah kesalahan antara manusia dengan manusia. Karena Allah belum akan memaafkan kita jika kita bersalah dengan orang lain jika, kita tidak memohon maaf kepada orang yang kita salahi tersebut.
itulah isi kandungan surat Al-Hujurat ayat 12, amalkan semua itu supaya hidup sobat mulia, dan  Ilmu yang diamalkan adalah ilmu yang bermanaat, Dan dalam surat Al-Hujurat ayat 10 kita diperintahkan untuk menjaga kedamaian antar umat muslim, karena sesungguhnya kita sesama umat muslim adalah bersaudara.

nah setelah kita tahu bagaimana untuk hidup mulia kita juga harus bisa mencerminkan contoh sebagai orang yang bisa mengontrol diri, karena tanpa bisa mengontrol diri kita tidak akan bisa mencapai hidup mulia.

berikut contoh sikap perilaku hidup mulia, antara lain......

a.) Mampu mengendalikan emosi
b.) Berfikir positif
c.) Bekerja keras, tuntas dan ikhlas
d.) Optimis dalam segala hal
c.) Bersyukur ketika mendapat keberhasilan
d.) Bersabar ketika mendapat kegagalan

nah sekarang sobat tinggal mengamalkan pengetahuan yang sobat punya, pengetahuan yang saya beri ini bisa sangat bermanfaat jika sobat mengamalkanya karena Ilmu yang diamalkan adalah ilmu yang bermanfaat.
Terima kasih sobat sudah berkunjung lagi........
Share:

1 comment:

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    ReplyDelete