Saturday 8 October 2016

Teks Anekdot

Kali ini saya akan membahas tentang teks anekdot, jadi teks anekdot ini adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya berisi tentang orang orang penting, dan teks ini biasanya berisisindiran. Seperti dalam kehidupan ini, biasanya publik sering mendapatkan kritik atau menjadi bahan lelucon yang mengundang gelak tawa. Kritik seperti ini lah yang bisa disampaikan melalui teks anekdot.
Teks anekdot juga dapat berisi peristiwa yang membuat jengkel atau konyol partisipan yang mengalaminya. Perasaan jengkel dan konyol seperti itu merupakan krisis yang ditanggapi dengan reaksi dari pertentangan antara nyaman dan tidak nyaman, puas dan frustasi, serta tercapai dan gagal. Nah sekarang saya akan memberikan contoh teks anekdot.....



KUHP dalam Anekdot

1.) Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana.suasana kelas biasa biasa saja.Dasar  Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, "Peribahasa inggirs mengatakan, pengalaman adalah guru terbaik, Pak"Semua mahasiswa dikelas itu tercengang, mereka berpandang pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak bahak.

 2.) Saat sesi tanya jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. "Apa kepanjangan KUHP, pak?" Pak dosen tidak menjawab sendiri, melaikan melemparkanya kepada Ahmad. "Saudara Ahmad, coba jawab pertanyaan saudara Ali tadi," pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, "Kasih Uang Habis Perkara, Pak....!"

 3.) Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-nggelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, "Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?

4.) Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.
nah dari contoh teks anekdot diatas, kita sekarang sudah mendapat bayangan tentang teks anekdot itu seperti apa, sekarang saya akan menjelaskan tentang struktur teks anekdot :
Yang pertama ada Abstraksi, nah abstrak ini adalahbagian pertama dalam paragraf yang berperan dalam menggambarkan isi teks. Dalam teks diatas abstraksi berada pada teks no 1yang kedua adalah Orientasi, Oritentasi adalah bagian awal yang menujukkan kejadian, permulaan, atau latar belakang peristiwa tersebut terjadi. Dalam teks diatas Oriantasi adalah teks no 1 (Suasana kelas biasa biasa saja) ,yang ketiga  Krisis, krisis adalah bagian yang terjadinya masalah atau kejadian-kejadian. Dalam teks diatas krisis adalah teks no 2 , selanjutnya adalah Reaksi, reaksi adalah bagian cerita yang menjelaskan tentang penyelesaian sebuah masalah. Dalam teks diatas reaksi adalah teks no 3, dan yang terakhir adalah Koda, koda adalah bagian akhir yang memberikan sebuah kesimpulan. Dalam teks diatas koda adalah teks no 4. 


Nah demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat...
Share:

0 comments:

Post a Comment